Peringatan Hari Jadi Jam Astronomi Praha

Sekilas tentang jam astronomi Praha

Prague astronomical clock atau jam astronomi Praha terletak di dinding selatan Praha Town Hall. Prague atau Praha merupakan ibukota Republik Ceko, sebuah negara di Eropa Timur yang kaya akan sejarah dan budaya Bohemia. Setiap tahun tepatnya pada tanggal 9 Oktober diperingati sebagai hari ulang tahun jam astronomi Praha, ribuan orang berkunjung ke Old Town Square di Praha untuk melihat jam astronomi ini yang sudah berumur sangat tua. Dibangun pada abad ke 14 tepatnya tahun 1410 oleh seorang pembuat jam lokal dan profesor astronomi, jam ini dirancang sebagai bentuk sempurna dari sains, teknologi dan seni. Selain itu jam ini disandingkan dengan kalender otomatis yang merupakan satu-satunya jam dan kalender didunia yang berbasis perhitungan astronomi dapat menunjukkan pagi, siang dan malam diseluruh permukaaan bumi.

Peringatan Hari Jadi Jam Astronomi Praha
Jam Astronomi Praha

Apa Keistimewaan Jam Astronomi Praha?

Keistimewaan Jam Astronomi Praha terletak pada fungsinya tidak seperti jam biasa tapi semacam planetarium dasar yang menampilkan semua tentang alam semesta pada abad pertengahan. Di bawah Jam Astronomi utama terdapat cincin kalender dekoratif yang ditambahkan pada tahun 1870, yang menceritakan peristiwa setiap tahunnya. Pada bagian kanan kiri dan dari jam terdapat empat patung tokoh yang mewakili entitas konstruksi Jam Astronomi Praha yakni Kematian (diwakili oleh kerangka); Vanity (ditampilkan sebagai seorang pria menatap cermin); Keserakahan (diwakili oleh seorang pria dengan tas emas), dan Turki (seorang tokoh mengenakan Turban). Selain itu terdapat presentasi 12 Rasul di pintu kecil di atas Jam Astronomi Praha. Mereka muncul bergantian pada waktu yang berbeda, tetapi jika pada siang hari semua dua belas rasul itu akan kelihatan semua.

Bagaimana cara membaca Jam Astronomi Praha?

Bentuk Jam Astronomi Praha menggambarkan persepsi mengenai Alam Semesta di abad pertengahan, yakni Bumi sebagai pusat tata surya. Bagian jam yang berlatar warna biru menggambarkan langit di atas garis cakrawala, sementara bagian di bawah garis cakrawala berwarna coklat dan hitam. Di atas cakrawala, tertulis ORTVS dalam bahasa Latin yang berarti Timur dan OCCASVS (barat). AVRORA (fajar) dan CPEPVSCVLVM (senja) terdapat di bagian bawah.

Penentuan warna-warna pada Jam Astronomi Praha tersebut menunjukkan posisi matahari. Warna hitam di bawah merujuk pada waktu malam. Warna oranye di sebelah kiri jam menunjukkan subuh dan warna abu-abu bagian kiri saat matahari terbit. Siang hari diwakili dengan warna biru di bagian atas, sementara itu abu-abu bagian kanan berarti matahari tenggelam dan warna oranye menunjukkan senja.

Bagian Jam Astronomi Praha juga terdapat tiga lingkaran yang menunjukkan tiga informasi waktu yang berbeda. Lingkaran terluar dengan angka Schwabacher menunjukkan Old Czech Time atau Bohemian Time. Lingkaran kedua dengan angka Romawi menunjukkan European Central Time (CET), sementara lingkaran paling tengah dengan angka Arab menunjukkan Babylonian Time.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peringatan Hari Jadi Jam Astronomi Praha"

Post a Comment