Perbedaan Diploma dan Sarjana

Perbedaan Diploma dan Sarjana itu apa sih? mungkin pertanyaan itu yang ada dibenak kita ketika masih duduk di bangku sekolah. Diploma dan sarjana adalah sebuah jenjang pendidikan setelah Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama. Mungkin anda atau saudara anda berminat untuk melanjutkan pendidikan perguruan tinggi, ada beberapa hal yang harus dipikirkan dengan matang mulai dari memilih jurusan, perguruan tinggi, dan jenjang yang akan ditempuh apakah memilih Diploma atau Sarjana.

Perbedaan antara Diploma dan sarjana adalah sebagai berikut, Diploma adalah sebuah sertifikat atau akta yang dikeluarkan oleh lembaga pendidikan seperti institut atau universitas, yang menerangkan bahwa penerima telah menyelesaikan program studi tertentu, serta menganugerahkan sebuah gelar akademik dengan jangka waktu kuliah lebih pendek dari Sarjana contohnya D1 (Diploma-1) masa kuliahnya 2 semester atau 1 tahun, D2 (Diploma-2) masa kuliahnya 4 semester atau 2 tahun, dan D3 (Diploma-3) masa kuliahnya 6 semester atau 3 Tahun, sedangkan syarat untuk mendapatkan gelar studi maka anda harus menyelesaikan sebuah karya ilmiah yang disebut Tugas Akhir sebagai persyaratan kelulusannya.

Istilah Sarjana berasal dari bahasa Sansekerta, dalam bahasa Inggris bachelor yang merupakan sebuah gelar akademik yang diberikan kepada lulusan program pendidikan strata satu (S1) atau undergraduate. Untuk mendapatkan gelar sarjana secara normatif dibutuhkan waktu selama 4 sampai 7 tahun, tapi ada juga yang menyelesaikannya dalam waktu 3,5 tahun ataupun lebih dari 7 tahun tergantung dari kebijakan perguruan tinggi yang bersangkutan. Persyaratan untuk mendapatkan gelar Sarjana maka anda harus menyelesaikan sebuah Karya ilmiah bernama skripsi yang wajib anda buat dan merupakan persyaratan untuk memperoleh gelar sarjana.

Program Diploma dan Sarjana sebenarnya hampir sama, namun yang membedakan hanyalah kurikulumnya. Diploma memiliki bobot studi 60% praktek dan 40% teori, sedangkan Sarjana memiliki bobot studi 40% Praktek dan 60% teori. Dengan kurikulum yang seperti ini bertujuan agar para lulusan Diploma ini akan siap untuk bekerja karena sudah memiliki berbagai keahlian yang telah diperoleh dari kampusnya, sedangkan lulusan Sarjana lebih diarahkan ke bidang riset dan disiapkan untuk melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi sampai jenjang akademis Doktor. Lebih mudahnya, kalau program studi Diploma diberikan bekal keterampilan untuk menjadi praktisi atau sejenisnya, sedangkan Sarjana anda diarahkan untuk menjadi akademisi, ahli dkk.

Sebelum salah memilih, lebih baik difikirkan dulu matang-matang, apa tujuan anda melanjutkan studi, dimana anda akan melanjutkan studi, universita apa yang anda pilih dan jurusan apa yang anda minati. Sekian postingan ini, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

68 Responses to "Perbedaan Diploma dan Sarjana"

  1. oohhh begitu toh, hehehehe tapi jelas lah beda, terutama masalah waktu seperti yg disebutkan diatas. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan judulnya perbedaan antara diploma dan sarjana, thanks kunjungannya iva

      Delete
  2. yg jelas, sarjana skripsi-nya bikin ngulek otak. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehehe, sebenarnya gak terlalu susah asal kita punya konsep yang matang dan stratak yang jelas.

      Delete
  3. 1 lagi, Diploma gak ada KKN nya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup benar, gak ada KKN tapi biasanya ada magang/PKL/KKG atau apalah namanya

      Delete
  4. Klo sudah meraih gelar D2 plus pascasarjana julukan apa yang paling tepat@:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo sudah pascasarjana ya master lah

      Delete
    2. d2 langsung pasca? gmna ceritanya itu?

      Delete
    3. D2 ?? DuDa mungkin.. peace.. taking easy.. just kidding ok

      Delete
  5. Replies
    1. adanya TA (Tugas Akhir) yang bikin pusing,,, modelnya sama dengan skripsi cuma lbh detail skripsi

      Delete
  6. Kuliah/gak tujuannya sama yaitu KERJA! Iya gak? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya kita harus bisa merubah pola pikir, seorang yang berpendidikan/ tidak jangan hanya memikirkan ingin bekerja. tapi pikirkan cara untuk menciptakan lapangan pekerjaan, biar Indonesia gak banyak orang yang kerjaanya mencari pekerjaan.

      Delete
    2. Betul sekali .... Berwirausaha aja
      :)

      Delete
  7. sarjana belajar untuk konsep
    diploma belajar untuk skill

    ReplyDelete
  8. kalau lulusan diploma mau cari sarjana bkin skripsi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yeah, pasti itu. kan dalam peraturan perundang - undangan dalam dunia pendidikan. untuk syarat memperoleh gelar sarjana adalah dengan membuat skripsi

      Delete
    2. Kalo dari diploma mau jadi sarjana gmana caranya?
      Butuh waktu brapa lama?
      Kalo udah jadi diploma penting gak nglanjutin sarjana?

      Delete
  9. (Srimuliani Handoyokusumo; Lolos PNS Guru di lingkungan Kemenag Berau)

    Berawal dari keinginan kuat untuk mengikuti test tertulis CPNS yang dilaksanakan oleh PEMDA Berau dimana saya tinggal, saya pun ikut berpartisipasi mengkutinya. Namun sebenarnya bukan sekedar hanya berpartisipasi tapi terlebih saya memang berkeinginan untuk menjadi seorang PNS. Waktu pun terus berjalan, karena tertanggal 5 Desember 2013 yang lalu saya pun mengikuti Test CPNS yang diselenggarakan oleh PEMDA Berau dengan harapan yang maksimal yaitu menjadi seorang PNS. Kini tanggal 18 Desember 2013, pengumuman test kelulusan tertulis itu diumumkan. Dengan sedikit rasa was-was dan bercampur tidak karuan menyelimuti pikiranku. Rasa pesimisku memang timbul, karena pengumuman yang di informasikan adalah tertanggal 11 Desember 2013 namun di undur tanggal 18 Desember 2013. Dengan mengucapkan BISMILLAH, aku pun masuk ke halaman kantor BKD untuk melihat hasil pengumuman test tertulis CPNS. Dan Syukur Alhamdulillah saya pun LULUS diurutan ke 3 dari 1 formasi yang aku ikuti di Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Dan berikut peringkat screen shoot yang saya jepret menggunakan Ponsel kesayangku.

    Puji Syukur tak henti-hentinya aku panjatkan ke Hadirat Allah SWT, atas rezeki yang diberikan kepadaku. Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :

    1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon.

    2. Suami dan Anak [DikMa]; Dukungan Do’anya sangat berharga dalam pencapaian saat ini.

    3. Orang Tua, Saudara-saudaraku; Tetap mensupport aku selama 3 bulan terakhir ini, terimakasih Mama, terima kasih Kakak Perempuan ku, terima kasih Kakak Laki-laki ku tak terlepas juga buat teman-temanku terimakasih semuanya.

    4. Terimakasih untuk khususnya Bpk.IR.AGUS SUTIADI M.SI beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.anda ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi nomor bpk IR.AGUS SUTIADI M.SI,0852-3687-2555.

    ReplyDelete
  10. Ok .......... Terimah kasih atas Info nya

    Bermanfaat x bagi pembaca :)

    sekian......

    ReplyDelete
  11. Misal kan lulusan d3 mau melanjutkan ke s1, apakkah pendidikannya 4 thn atau 1 thn saja untuk jadi s1?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu tergantung dari linearitas pendidikannya. misalkan dari D3 nya jurusan kimia, maka S1 hrs kimia lagi itu linear. dan S1 nya relatif singkat. Tp klo ga linear maka waktunya lebih lama lagi. Selain itu tergantung jg ke institusi pendidikkanya, terkadang ada institusi pendidikkan yg tdk mau nerima dari D3 ke S1. Artinya hrs dari awal lagi.

      Delete
  12. misal kita mau ke UGM disitu D3,apa berarti kita tidak perlu lagi menjalani pendidikan D1 dan D2 lagi terlebih dahulu....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak perlu. Itu seperti S1. Jika akan masuk S1 kan tidak perlu lewat D1, D2 dan D3 dahulu. Berbeda dengan S2 dan S3 yang mesti melewati S1 terlebih dahulu.

      Delete
  13. Jai intinya untuk masuk dunia kerja dengan posisi yang bagus lebih baik D3 atau S1 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertanyaannya apakah mau kerja di posisi teknis atau manajerial?? krn apabila yg dibutuhkanya posisi teknis maka D3 cukup. krn jenis pendidikan diploma lebih ke arah vokasi. Tp klo posisi yg dicari level manajerial, maka S1 adalah jawabanya. Karena S1 mengarah pada pendidikan manajerial. Itu jawaban idealnya. Akan tetapi di dunia nyata, terkadang banyak lulusan S1 mengambil jatah level teknis. karena mereka pny prisip "yang penting kerja". Begitu jawabnya, semoga membantu

      Delete
  14. Mohon bantuannya.. JIka kita pernah menjalani masa perkuliahan di bangku DIII namun tidak selesai (hanya menyelesaikan 4 semseter), apakah dapat dikatakan jika kita telah menyelesaikan pendidikan DII? Apakah kita berhak untuk meminta ijazah atau surat keterangan dalam bentuk apapun yang menerangkan kita pernah menyelesaikan pendidikan selama 4 semester? Mohon informasinya. Terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu tergantung dari kebijakan institusi pendidikan dimana Anda belajar. Krn saat ini kampus diberikan otoritas untuk itu. Tinggal pendekatan Anda dengan kampus saja. Semoga mambantu

      Delete
  15. Dari prospek kerjanya lebih banyak dicari diploma atau sarjana ya?

    ReplyDelete
  16. Gan Klo Saya Mau Masuk D3 Apa Harus Menyeleaaikan D1 Dan D2 Terlebih Dahulu?
    Apa Bisa Langsung Masuk D3?
    Mohon Jawabannya Ya :)

    ReplyDelete
  17. umur 24 kalau masuk D1 ketuaan gak ya....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau meneruskan pendidikan tdk memandang umur, baik sdh berumah tangga, bhkan yg sdh pny ank banyak pun tetap ada yg melanjukan pendidikan tinggi,

      Delete
    2. tapi ada range umurnya hmm. untuk S1 biasanya syaratnya ijazah sma yg dikeluarkan 5 tahun terakhir, jika lebih ga diterima

      Delete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. Mencari ilmu gak mengenal umur mas :) berapa umur kita selama ilmu bermanfaat kenapa gk di ambil

    ReplyDelete
  20. Kalau bedanya D4 sama S1 apa ya? haha

    ReplyDelete
  21. Kak kalau yg dimaksud d3 vokasi dan menejeralis s1 itu apa ya? Seperti yg di tuliskan diatas itu.

    ReplyDelete
  22. Yap btull beda D4 sama S1 apa , haha

    ReplyDelete
  23. berarti kalau mau ambil d3 .,.,berapa tahun kita bisa lulus gann???? mohon jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau lancar, d3 itu bisa ditempuh dalam waktu 3 tahun. tapi maksimal masa studi itu 5 tahun.
      CMIIW

      Delete
  24. Untuk informasi aja, kalau mau lanjut studi dari D3 ke S1 butuh waktu antara 2-3 tahun tergantung jurusan yg diambil apakah linier dgn studi sblmnya dan juga berapa sks yg diakui. Untuk PTN semakin sedikit yang menyediakan program Ekstensi atau alih jalur D3 ke S1 karena banyak yang menutup program tersebut. Kalau mau lanjut studi dari D3 lebih baik ke D4 karena hemat waktu dan biaya.

    ReplyDelete
  25. Lulusan D III itu gelarnya apa ya..? mohon dijawab gan..

    ReplyDelete
  26. Apakah anda tahu mengenai top up program universitas di luar negeri dari D3 ke S1 dengan jurusan yang linear? tapi D3 nya di Indonesia, apakah kita harus ngulang dari awal atau langsung lanjut?

    terima kasih,

    ReplyDelete
  27. Di tempat aku 40 persen pemuda lulusan s1 dan d3 tapi kebanyakannya pada nganggur, yang tidak malu ya berjualan pisang goreng tepi jalan dan jadi selles

    ReplyDelete
  28. Di tempat aku 40 persen pemuda lulusan s1 dan d3 tapi kebanyakannya pada nganggur, yang tidak malu ya berjualan pisang goreng tepi jalan dan jadi selles

    ReplyDelete
  29. Saya kan diterima di D3 ipb manjemen agribisnis,nah apakah S1 ny bisa melanjutkan ke program agribisnis gk yah??? Kira2 brapa thun D3 ke S1,, mksih

    ReplyDelete
  30. kuliah jg ga nentuin pekerjaan kn

    ReplyDelete
  31. Kalau diploma 3 apasih gelar Nya kalau sudah lulus???? Kan misal Nya sarjana ekonomi gelar Nya SE. Kalau diploma 3 apa???

    ReplyDelete
    Replies
    1. D3 gelarnya tikar gan. Wkwkwk...
      Gelarnya A.Md (ahli madya) gan..
      Thk

      Delete
  32. cara masuk di diploma 3 gimana ???

    ReplyDelete
  33. Kalau perbedaan D3 dan D4 seperti apa ya? Mohon pencerahannya.. Terimakasih

    ReplyDelete
  34. kalo s1 abis itu s2 dan s3. Kalo diploma? D3-D4 abis itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. D3>S1>S2
      D4>bisa langsung S2(tapi cuman sebagian kecil Perguruan tinggi yg mau nerima D4)

      Delete
  35. Ada rentang waktunya gak klo misal mau lanjut ke s1?

    ReplyDelete